Wine Salak ?

Wine salak adalah salah satu produk wine buah. Temukan keunikan rasa pada wine salak.

Wine salak

Pertanyaan ini banyak sekali muncul saat saya memperkenalkan wine ini kepada beberapa teman-teman disebuah acara seminggu lalu. Mereka bertanya apakah memang ada wine yang terbuat dari buah salak? Akhirnya sayapun mencoba untuk menceritakan dalam tulisan tentang wine salak ini. Semoga saja tulisan ini bisa memjadi jawaban yang memuaskan atas pertanyaan teman-teman.

Latar belakang teciptanya wine salak ?

Munculnya ide pengolahan wine dari buah salak adalah dikarenakan mengeluhnya para petani salak saat panen raya. Bayangkan bagaimana perasaan anda jika anda adalah seorang petani salak yang melihat hasil panen yang melimpah ruah tetapi harga jual sangat rendah. Harga terendah saat panen raya bisa mencapai lima ratus rupiah perkilo gram.

Nah melihat permasalahan tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem  mengupayakan sebuah terobosan baru untuk membantu para petani salak. Singkat cerita dibentuklah kelompok wine. Setelah kelompok ini berdiri pemerintah memberikan pelatihan terhadap kelompok wine ini. Didatangkanlah seorang ahli wine asal Jerman yang lebih dikenal dengan nama bapak Norbet. Pelatihan ini memakan waktu yang cukup lama. Norbet mengajarkan kelompok wine ini mulai dari pemilihan buah yang cocok  hingga menjadi wine yang siap jual.

Proses Pembuatan Wine Salak

Prosesnya cukup sederhana.

Wine salak siap dimasukan dalam botol

proses pembotolan wine salak

  • Kupas buah salak
  • Buah salak disisir tipis-tipis
  •  Campurkan ragi khusus sesuai takaran
  • Tambahkan gula pasir
  • Diamkan hasil campuran dalam wadah dan tutup rapat selama sehari.
  • Seterusnya dilakukan proses permentasi dalam tower khusus selama 2 minggu.
  •  Setiap tiga hari campuran ini dicek kadar gula dan kadar alkoholnya .
  • Hasil perasan ini lalu ditampung kembali dan masuk dalam proses "penuaan" selama 3 bulan.
  • Selama itu, setiap bulan dilakukan penyulingan agar wine menjadi bersih.
  • Jika wine sudah dianggap bagus, wine dipindahkan kedalam botol dan dilakukan penuaan lagi selama beberapa bulan.
  • Setelah dirasa cukup wine didalam boto siap di jual.

Bukankah wine berasal dari buah anggur?

Pada umumnya orang mengenal bahwa halnya wine itu terbuat dari buah anggur tapi wine juga bisa dibuat dari berbagai jenis buah-buahan. Yang mana dalam hal ini wine yang terbuat dari buah selain buah anggur itu disebut "fruit wine" atau wine buah bahkan ada juga yang mengatakan hal tersebut dengan nama anggur buah. Menurut  Wilkipedia anggur buah / fruit wine adalah fermentasi minuman beralkohol yang terbuat dari segala jenis buah selain buah anggur (bahan dasar wine pada umumnya).
Salah satu contoh fruit wine adalah : Salacca Wine (wine yang terbuat dari buah salak).